Skip to content

Mindset Pribadi Sukses

31 Mei 2010

Dr. Edward Banfiled ( Harvard University ) melakukan sebuah penelitian untuk mengidentifikasi ciri-ciri pribadi sukses. Dengan riset tersebut, ia mencari faktor determinan mengapa ada orang-orang yang mengalami mobilitas vertikal, sementara yang lain tidak. Setelah melakukan riset selama beberapa tahun, akhirnya ia mengambil kesimpulan bahwa kesuksesan seseorang sebagian besar ditentukan oleh sikapnya terhadap waktu.

Dari risetnya, Dr. Edward Banfiled menemukan bahwa pribadi sukses memiliki perspektif waktu jangka panjang. Kelompok ini memiliki gambaran yang jelas mengenai kehidupan yang mereka idamkan di masa mendatang. Kemudian, segala aktivitas harian, mingguan dan bulanannya diarahkan untuk mencapai apa yang mereka idamkan tersebut. Dengan begitu, mereka mengalokasikan segala daya dan kemampuannya untuk mewujudkan kehidupan yang diidamkannya itu.

Sebaliknya, pribadi tidak sukses hanya memiliki perspektif waktu jangka pendek. Pribadi-pribadi ini lebih memilih aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan kesenangan jangka pendek daripada yang berkenaan dengan pencapaian dan kesuksesan jangka panjang. Pilihan terhadap pemuasan kesenangan jangka pendek ini seringkali membawa penderitaan berkepanjangan di masa mendatang.

Dari riset di atas, bisa diambil kesimpulan, siapa pun yang menginginkan pencapaian dan kesuksesan di masa depan, pertama-tama harus menetapkan apa yang mau dicapai di masa depan. Selanjutnya, harus bersedia ‘membayar harga mahal’ untuk mewujudkannya.  Misalnya, dalam karier. Posisi apa yang diinginkan 5 tahun mendatang. Selanjutnya, pastikan diri Anda bersedia bekerja keras selama 5 tahun tersebut untuk membangun diri sampai terwujudnya harapan itu. Siapkan mental Anda bahwa selama waktu 5 tahun, Anda akan bekerja dan berusaha dengan tanpa mengenal lelah dan akan melalui berbagai penderitaan. Jika mental Anda tidak siap untuk perjuangan keras ini, maka idaman Anda tadi hanyalah sebuah wishful thinking.

Dalam merancang aktivitas dan upaya Anda selama lima tahun ke depan, tetapkan step-step apa yang harus dilalui. Penetapan step-step ini sangat diperlukan untuk menghindari Anda membuang-buang waktu dan tenaga akibat langkah-langkah untuk mewujudkan cita-cita Anda itu tidak sistematis. Akibatnya, langkah Anda akan menjadi maju-mundur.

Selanjutnya, temukan sumber-sumber belajar untuk membantu Anda meningkatkan atau menguasai ketrampilan dan kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan untuk meraih posisi jabatan yang Anda idamkan. Perlu diingat, bahwa di setiap jabatan, pasti dibutuhkan skill dan kompetensi tertentu. Sumber-sumber balajar yang dimaksud di sini, bisa diperoleh dari membaca buku, mencari di internet dan dari seorang mentor yang Anda percayai.

2 Komentar leave one →
  1. 1 Juni 2010 3:24 am

    salam, saya suka dengan opini dan gaya penulisan anda, edukatif dan sangat terbuka, semoga saya bisa mencontoh anda dalam memberikan pemikiran dan saran bagi sesama, semoga sukses selalu.
    @ pengantin adat Indonesia.

  2. 1 Juni 2010 5:41 am

    @Pernikahan Adat : Trims atas apresiasi Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: