Skip to content

Bunda Putri

19 Oktober 2013

Panggilan Bunda biasanya berkonotasi sosok yang sejuk, penuh pengertian, sabar, perhatian, sangat dekat dengan kita dan konotasi positif lainnya.  Sehingg orang suka dengan sosok yang dipanggil Bunda.

Tapi Bunda yang satu ini sangat berbeda. Siapa pun yang diberitakan punya hubungan dekat dengan sosok ini pasti langsung berdiri rambutnya. Bingung tak terkendali. Tak terkecuali orang nomor 2 dan nomor 1 di negeri ini. Benar-benar sosok yang bisa bikin geger dunia persilatan.

Budiono, yang biasanya ‘no reken’ terhadap penilaian-penilaian negatif tentang dirinya, tiba-tiba saja merasa terusik ketika saudara perempuannya, Tutik, diberitakan dekat dengan Bunda Putri. Beberapa saat lalu, wakil presiden mengadakan konferensi pers. Dalam jumpa pers tersebut beliau hanya mengklarifikasi kalau saudaranya yang bernama Tuti itu memang kenal dengan Bunda Putri. Tapi sejauh ini saudara wakil presiden tersebut tidak pernah berhubungan bisnis dengan sosok misterius yang disebut sebagai Bunda Putri. Hubungan keduanya hanya sebatas kerja-sama sosial saja. Demikian penjelasan sang wapres.

Lain Boediono lain pula SBY. Jika Boediono menanggapi berita miring tentang saudaranya dengan cara yang relax, SBY justru menunjukkan sikap yang ‘sedikit’ emosional dan reaktif.

Adalah Luthfi Hasan Ishak ( LHI ), tersangka korupsi daging sapi, yang menyatakan dalam kesaksiannya, bahwa Bunda Putri mempunyai hubungan yang sangat dekat SBY. Kesaksian LHI kontan membuat SBY marah besar.

Barangkali karena marahnya dan keburu tidak telaten, begitu pulang dari lawatannya ke Brunei, turun dari pesawat di bandara, SBY langsung mengadakan jumpa pers. Pada acara jumpa pers itu SBY menyangkal kedekatannya dengan Bunda Putri. Bahkan, saat itu, SBY langsung memerintahkan para intelnya untuk menyelidiki siapa sejatinya Bunda Putri itu. ( http://nasional.kompas.com/read/2013/10/10/2241376/Presiden.Marah.Dikaitkan.dengan.Bunda.Putri )

Beberapa waktu lalu santer diberitakan pula di berbagai media jika  Bunda Putri merupakan sosok yang sangat  powerfull. Begitu powerfull-nya hingga mampu mempengaruhi dalan urusan reshufle kabinet. Tentu berita ini makin membuat Presiden naik pitam. Betapa tidak ? Reshufle kabinet merupakan hak preogratif presiden. Kalau ada isu yang menyatakan ada sosok yang dapat mempengaruhi Presiden dalam mereshufle kabinat, tentu dia merupakan orang hebat. Tentu Presiden sangat ‘hormat’ kepada beliau. Dan ini pasti hal yang memalukan bagi seorang presiden. Maka, pantaslah kalo Presiden sampai marah besar menanggapi isu ini.

Inilah tanggapan SBY terhadap tuduhan di atas :

“Bunda Putri orang yang sangat dekat dengan Presiden SBY, 1.000 persen Luthfi Bohong! Dia sangat tahu dengan kebijakan reshuffle, 2.000 persen bohong!” ucap SBY geram.

“Saya bukan pejabat kecengan. Mau reshuffle ngomong sama orang yang tidak jelas. Kemudian pernyataan seperti ini, sangat dekat dengan Presiden SBY, luar biasa. Semoga Allah mengampuni,” tuturnya.

Tulisan ini tidak untuk membahas kemarahan Presiden. Cuma ingin menanyakan beberapa misteri di seputar Bunda Putri. Misteri pertama adalah Bunda Putri itu riel ataukah tokoh rekaan belaka ?

Kalau riil, masak sampai hari ini belum juga ditemukan siapa itu Bunda Putri. Bahkan di dalam kemarahannya SBY memerintahkan intel-intelnya untuk mencari-tahu siapa Bunda Putri itu. Padahal, kalo saja mau, SBY tinggal menindak-lanjuti tuduhan LHI tentang kedekatannya dengan Bunda Putri pasti beres. Tapi ini kok malah dibikin tambah abstrak.

Jadi, menurut perkiraan saya, Bunda Putri ini adalah sosok imajiner belaka. Atau sebuah nama buatan untuk menyebut sosok tertentu, semacam nana Bento yang diidentikkan dengan sosok tertentu dari keluarga cendana, setidaknya demikian anggapan yg beredar di masyarakat.

Pertanyaan berikutnya, mengapa pula LHI membuat-buat tokoh imajiner ini ?

Menurut hemat saya, pertama, kemungkinan mantan ketua PKS ini ingin mengalihkan perhatian publik terhadap partainya. Kita tahu, begitu LHI ditakngkap KPK, nyaris setiap jam ada berita negatif tentang LHI dan partainya. PKS yang selama ini mem-branding diri sebagai partai bersih, menjadi porak poranda dihajar media masa dan lawan-lawan politiknya begitu LHI dituduh korupsi.

Jika keadaan seperti itu dibiarkan berlarut-larut, tentu akan berbahaya bagi masa depan PKS, apalagi pemilu sudah kurang setahun. Maka harus diambil langkah-langkah taktis, yaitu dengan cara mengalihkan perhatian publik. Bila alasan ini yang menjadi latar-belakang LHI memunculkan sosok Bunda Putri, maka taktik dia termasuk sukses. Betapa tidak ? Media dan tokoh-tokoh kita belakangan ini nyaris tidak pernah membicarakan lagi soal korupsi yang dilakukan LHI. Mereka juga sudah jarang menyudutkan PKS sehubungan dengan kasusnya LHI.

Kemungkinan kedua, sosok yang disebut Bunda Putri ini memang benar-benar ada, walau mungkin nama sebenarnya bukan Putri.

Sosok ini memang benar  bisa mempengaruhi Presiden dalam me-reshufle kabinetnya. Mungkon sosok ini yang menjadi kurir ketika para pimpinan partai yang tergabung dalam sesgab sedang melakukan politik dagang sapi. Tawar-menawar jabatan beserta kompensasinya.

Selama ini, seluruh pimpinan partai dan pihak-pihak lain yang berkepentingan merasa harus ‘mengamankan’ sosok tersebut. Namun, mungkin LHI saat ini sedang merasa dikhianati sokhibnya, maka dia buka sedikit demi sedikit sosok yang bernama Bunda Putri ini.

Atau mungkin ada kemungkinan lain ?

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: